Jakarta, NU Online
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gus Dur akan menyelenggarakan Muktamar III PKB pada tanggal 26-27 Desember 2010 di Surabaya. Penyelenggaraan Muktamar III PKB  ini berlandaskan pada dua pertimbangan, yaitu sebagai tertib organisasi dan amanat Ketua Umum Dewan Syuro DPP PKB KH Abdurrahman Wahid sebelum wafat bahwa Muktamar PKB harus dilaksanakan pada tahun 2010 ini.

Demikian keterangan pers yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana Muktamar III PKB Gus Dur, H Imron Rosyadi Hamid dan Sekretaris Pantia Priyo Sambadha pada wartawan di Kantor DPP PKB Kalibata, Jakarta, Kamis (16/12).

Menurut Imron, secara tertib organisasi, status kepengurusan yang ditetapkan oleh Muktamar Luar Biasa (MLB) adalah melanjutkan periodisasi kepengurusan Muktamar sebelumnya. Hal ini berdasarkan pada jurisprudensi, dimana kepengurusan yang ditetapkan MLB PKB yang dilaksanakan di Yogyakarta tahun 2002 paripurna pada Tahun 2005.

Artinya, kepengurusan hasil MLB Yogyakarta pada tahun 2002 ‘hanyalah’ melanjutkan periode kepengurusan yang ditetapkan pada Muktamar I PKB di Surabaya pada tahun 2000.  Demikian pula halnya dengan kepengurusan yang ditetapkan berdasarkan MLB PKB Parung maupun MLB PKB Ancol pada tahun 2008 seharusnya paripurna pada tahun 2010.

Hal itu karena sebagai kelanjutan dari periodisasi kepengurusan yang ditetapkan oleh Muktamar II PKB yang dilaksanakan di Semarang pada tahun 2005.  Dengan demikian sudah seharusnya bahwa pada Tahun 2010 ini diselenggarakan Muktamar III PKB. Itu sebagaimana diamanatkan dalam AD/ART PKB Pasal 36 bahwa “Muktamar merupakan forum permusyawaratan tertinggi partai yang berfungsi sebagai representasi dari pemegang kedaulatan partai dan diadakan setiap 5 (lima) tahun sekali.”

Dan, kedua, baik saat sebelum maupun sesudah wafatnya Ketua Umum Dewan Syuro DPP PKB KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), berbagai elemen dalam PKB sudah berusaha menyatukan (Islah) PKB agar bersatu dan kompak sebagai satu kekuatan politik Nahdlatul Ulama (NU). Salah satu upaya itu adalah diselenggarakannya Muktamar sebagai media islah untuk mengembalikan ruh perjuangan Partai Kebangkita Bangsa tersebut, akan tetapi pelaksanaan Muktamar gagal terwujud.

Sementara Gus Dur sendiri dalam amanatnya pada Rapat Pleno DPP PKB yang dipimpin langsung oleh beliau pada tanggal 12 dan 24 November 2009 di DPP PKB Kalibata, menegaskan dan menetapkan bahwa Muktamar III PKB diselenggarakan pada tahun 2010. Karena itu wasiat Gus Dur tersebut harus diwujudkan. Sehingga Muktamar III ini merupakan jawaban konkret sekaligus sebagai perjuangan nyata untuk mengembalikan ruh perjuangan PKB dimaksud.

Berdasarkan dua argumentasi mendasar di atas, Panitia Nasional Muktamar III PKB mengundang seluruh DPW dan DPC PKB di seluruh Indonesia untuk mengikuti Muktamar III PKB yang akan digelar pada Ahd-Senin, 26-27 Desember 2010 di GOR Cahaya Lestari Surabaya, Jawa Timur, yang juga akan dihadiri para alim ulama NU, pendiri PKB, tokoh masyarakat dan puluhan ribu massa PKB Gus Dur.(amf)

 

Sumber berita: NUOnline,  Kamis, 16 Desember 2010 20:03